Kelahiran
Di awal abad ke-20, tepatnya tanggal 16 Mei 1900 disaat
penjajah menindas Bangsa Indonesia, telah lahir seorang bayi yang diberi nama Mas'ud.
Ia lahir dari kalangan bangsawan yang relegius dari keluarga besar Raden Mas M.
Utsman seorang Onder Distrik (Penghulu Kecamatan). Suasana gembira menyaksikan
lahirnya bayi di dunia, dari wajahnya terpancar Nur Ilahiyah pertanda bahwa
kelak ia akan menjadi figur yang dikagumi masyarakat.
Sebagai putra bangsawan, Mas’ud mempunyai masa depan yang cukup cerah dan penuh
harapan, Mas’ud sekolah di SR Molo, AMS bahkan sampai Perguruan Tinggi Stovia (Fakultas
Kedokteran UI sekarang) di Batavia.
Dengan modal kecerdasan dan ketekunan yang di miliki, Mas'ud muda tumbuh
menjadi putra zaman yang tangguh dan patut di teladani, ini semua dapat
diketahui dari semua jenjang pendidikan yang dapat diselesaikan dengan baik,
sebagaimana layaknya anak-anak muda lainya di tempat tinggalnya, sejak dini Mas’ud
sudah melaksanakan teori dan praktek belajar mengajar di desanya terutama
sekali pendidikan agama, beliau sudah mempersiapkan untuk menempuh kehidupan
yang akan datang dengan ilmu, ahlaq dan aqidah yang luhur.
Hanya pendidikan di Stovia saja yang tidak terselesaikan, itupun bukan kehendak
sendiri, tapi kehendak keluarga menghendaki agar Mas'ud merubah arah pendidikan
dari jalur Do Scool ke Pendidikan Pesantresn Ala Salafy dengan harapan agar
kelak di kemudian hari ia mampu memahami agama islam secara luas serta
mengamalkan untuk diri diri sendiri dan masyarakat luas.
Menuntut Ilmu
Mulailah Mas’ud (KH. Dzajuli Utsman) dengan bekal izin
keluarga beliau memasuki Pesantren Mojosaro Nganjuk pada saat itu di bawah
asuhan K. Zainuddin beliau adalah Kiyai yang terkenal karomah dan ma’rifatnya,
bahkan orang sering menyebutnya waliyullah sehingga pesantren tersebut terkenal
di kalangan masyarakat.
Dengan penuh rasa himmah dan kesabaran dan ketekunan akhirnya Mas’ud dapat
menyelesaikan jenjang pendidikan di Pesantren Mojosari, suka duka di pesantren
beliau pernah memaknai kitab dalam bahasa jawa dan kemudian di jual pada
teman-temanya seharga satu ringgit per-kitabnya ini suatu bukti bahwa beliau
cukup prihatin selama berada di Pesantren Mojosari.
Setelah lulus dari Pesantren Mojosari, Mas’ud melanjutkan di Makkah, selama di Tanah
Suci, ia berguru pada Syeikh Al-‘Alamah Al-Alaydrus di Jabal Hindi. Namun,
beliau disana tidak begitu lama, hanya sekitar dua tahun saja, karena ada
kudeta yang dilancarkan oleh kelompok Wahabi pada tahun 1922 yang diprakasai Pangeran
Abdul Aziz As-Su’ud.
Pengajar Santri Syekh KH. Hasyim Asy'ari
Sepulang dari Tanah Suci, Mas’ud yang sudah berganti nama H.
Ahmad Djazuli Utsman lalu menetap di tanah kelahirannya di Ploso Mojo Kediri tak
lama kemudian beliau meneruskan ke Pesantren Tebuireng Jombang untuk
memperdalam ilmu hadist langsung di bawah asuhan Syekh KH. Hasyim Asy'ari.
Tatkala H. Djazuli Utsman sampai di Tebuireng dan sowan ke KH. Hasyim Asya’ri untuk
belajar, Al-Hadirotusy Syekh sudah tahu siapa Djazuli yang sebenarnya, ”kamu tidak
usah mengaji, mengajar saja di sini.” H. Djazuli kemudian mengajar Tafsir
Jalalain, bahkan ia kerap mewakili Tebuireng dalam Bahtsul Masa’il (Seminar)
yang diselenggarakan di Kenes, Semarang, Surabaya dan sebagainya.
Nyantri di Tremas
Setelah dirasa cukup, ia kemudian melanjutkan ke Pesantren
Tremas yang diasuh KH. Ahmad Dimyathi (adik kandung Syeikh Mahfudz Attarmasiy).
Dan seterusnya ke Pesantren Sono Sidoarjo dibawah pimpinan KH. Khozin. Tak
berapa lama kemudian ia pulang ke kampung halaman, Ploso. Sekian lama Djazuli menghimpun
“air keilmuan dan keagamaan”. Ibarat telaga, telah penuh. Saatnya mengalirkan
air ilmu pegetahuan ke masyakrat.
Pernihakan
Di usia yang begitu muda sudah cukup dikenal kepandaian dan
keuletannya sehingga bayak dari kalangan masyarakat khususnya para kiyai
menginginkan untuk menjadi menantu diantaranya KH. Zainuddin Mojosari, yang
akhirnya beliau dinikahkan dengan putri angkatnya yang bernama Musyarofali bin KH.
Khozin Widangan Langitan Tuban. Tak berlangsung lama disaat beliau berada di Tanah
Suci istrinya meninggal dunia, dan KH. Djazuli diambil menantu oleh KH.
Muharrom yang bernama Khasanah setelah dikaruniahi satu anak terus terjadilah
furqoh.
Begitulah perjalanan pernikahan beliau dalam membina rumah tangga, namun
kegagalan itu tidak menjadikan beliau patah semangat, bahkan didalam beliau
mengemban tugas sebagai pendidik nampaknya semakin istiqomah. Hal ini rupanya
yang mengundang simpati seorang bangsawa dari Trenggalek yang bernama Mas H.
Imam Mahyin, pada akhirnya dinikahkan dengan putrinya yang bernama Roro
Marsinah yang kita kenal sebagai Simbah Nyai Rodliyah.
Dari perkawinan inilah dan terakhir kalinya beliau dianugrahi enam orang putra
yang nantinya mereka akan meneruskan perjuangan beliau “Li-I'la'i Kalimatillah”
dalam mengembangkan Pesantren Al Falah Ploso.
Mengadakan Pengajian
Dengan modal tekad yang kuat untuk menanggulangi kebodohan
dan kedzoliman, ia mengembangkan ilmu yang dimilikinya dengan jalan mengadakan
pengajian-pengajian kepada masyarakat Ploso dan sekitarnya. Hari demi hari ia
lalui dengan semangat istiqamah menyiarkan agama islam.
Hal ini menarik simpati masyakarat untuk berguru kepadanya. Sampai akhirnya ia
mulai merintis sarana tempat belajar untuk menampung murid-murid yang saling
berdatangan. Pada awalnya hanya dua orang, lama kelamaan berkembang menjadi 12
orang. Hingga pada akhir tahun 1940-an, jumlah santri telah berkembang menjadi
sekitar 200 santri dari berbagai pelosok Indonesia.
Perjuangan Melawan Penjajah
Pada Zaman Jepang, ia pernah menjabat sebagai Wakil Sacok (Camat).
Dimana pada siang hari ia mengenakan celana goni untuk mengadakan grebegan dan
rampasan padi dan hasil bumi ke desa-desa. Kalau malam, ia gelisah bagaimana
melepaskan diri dari paksaan Jepang yang kejam dan biadab itu.
Kekejaman dan kebiadaban Jepang mencapai puncaknya sehingga para santri selalu
diawasi gerak-geriknya, bahkan mereka mendapat giliran tugas demi kepentingan Jepang.
Kalau datang waktu siang, para santri aktif latihan Tasio (baris berbaris)
bahkan pernah menjadi juara se-Kecamatan Mojo. Tapi kalau malam mereka menyusun
siasat untuk melawan Jepang. Demikian pula setelah Jepang takluk, para santri
kemudian menghimpun diri dalam barisan tentara Hisbullah untuk berjuang.
Selepas perang kemerdekaan, Pesantren Al-Falah baru bisa berbenah. Pada tahun
1950 jumlah santri yang datang telah mencapai 400 santri. Perluasan dan
pengembangan pondok pesantren, persis meniru kepada sistem Tebuireng pada tahun
1923. Suatu sistem yang dikagumi dan ditimba Kyai Djazuli selama mondok di
sana.
Istiqomah Mengajar
Sampai di akhir hayat, KH. Ahmad Djazuli Utsman dikenal
istiqomah dalam mengajar kepada santri-santrinya. Saat memasuki usia senja, Kyai
Djazuli mengajar Kitab Al-Hikam (Tasawuf) secara periodik setiap malam Jum’at bersama
KH. Abdul Madjid dan KH. Mundzir. Bahkan sekalipun dalam keadaan sakit, beliau
tetap mendampingi santri-santri yang belajar kepadanya. Riyadloh yang ia
amalkan memang sangat sederhana namun mempunyai makna yang dalam. Beliau memang
tidak mengamalkan wiridan-wiridan tertentu. Thoriqoh Kyai Djazuli hanyalah
belajar dan mengajar “Ana Thoriqoh Ta’lim Wa Ta’allum,” katanya berulangkali
kepada para santri.
Keinginan beliau untuk mempunyai putra-putri yang tampil sebagai sosok yang
mempunyai figur orang yang mempunyai ilmu baik ilmu pengetahuan khususnya Agama
Islam yang berkepribadian seorang muslim yang sejati ternyata benar – benar
terkabul, itu terbukti dengan putra – putrinya yang sedang mengembangkan dan
mengelolah pesantren yang beliau rintis.
Wafat
Hingga akhirnya Allah SWT berkehendak memanggil Sang Blawong kehadapan-nya,
hari Sabtu Wage 10 Januari 1976 (10 Muharam 1396 H). Beliau meninggalkan 5
orang putra dan 1 putri dari buah perkawinannya dengan Nyai Rodliyah, yakni :
- KH. Achmad Zainuddin,
- KH. Nurul Huda,
- KH. Chamim (Gus Miek),
- KH. Fuad Mun’im,
- KH. Munif dan
- Ibu Nyai Hj. Lailatul Badriyah.
Ribuan umat mengiringi prosesi pemakaman sosok pemimpin dan
ulama itu disebelah Masjid Kenaiban, Ploso, Kediri.
Konon, sebagian anak-anak kecil di Ploso, saat jelang kematian KH. Djazuli,
melihat langit bertabur kembang. Langit pun seolah berduka dengan kepergian ‘Sang
Blawong’ yang mengajarkan banyak keluhuran dan budi pekerti kepada
santri-santrinya itu.
Wallahu A'lam.
Http://rafystech.blogspot.com/
http://www.facebook.com/syafaah.dan.barokah
http://aladamyarrantawie.blogspot.com/
http://www.facebook.com/Para.Pecinta.Habaib.dan.Ulama